Sentra Bahan Alam

Sentra Bahan Alam

Memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman main sensorimotor menggunakan bahan-bahan alam ciptaan Allah serta memahami suatu konsep dan proses sains melalui kegiatan ragam mainnya.

Read More
Sentra Imtaq

Sentra Imtaq

Sentra imtaq merupakan sentra yang mendidik anak untuk mengembangkan kemampuan spiritual dan penekanan hubungan manusia dengan Allah. Efek yang diharapkan adalah tertanamnya akhlakul karimah. Ikhlas, sabar, dan senang menjalankan perintah agama

Read More
Sentra Balok

Sentra Balok

Menstimulasi kecerdasan logika matematika, bahasa, visual spasial, kerja sama, tolerasi dan juga pemecahan berbagai masalah sebagai karunia dari Allah melalui kegiatan membangun. Setelah anak menyelesaikan proyek bangunan, anak diberi kesempatan untuk bermain peran mikro dan bercerita tentang hasil karyanya. Penekanan sentra ini pada start and finish, di mana anak mengambil balok sesuai kebutuhan dan mengembalikan dengan mengklasifikasi berdasarkan bentuk balok. Efek yang diharapkan adalah anak dapat berfikir tipologi, mengenal ruang dan bentuk sehingga dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial secara optimal.

Read More
Sentra Olah Tubuh

Sentra Olah Tubuh

Memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman main sensorimotor serta membantu anak didik mengembangkan kemampuan motorik kasar dan koordinasi gerak tubuhnya.

Read More

Program Magang & Study Banding

PROGRAM MAGANG dan PELATIHAN TENAGA

PENDIDIK ANAK USIA DINI

 DASAR PEMIKIRAN

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rokhani (mencakup aspek moral agama, fisik, bahasa, kognitif, sosial emosional dan dioptimalkan dengan seni) agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut

PAUD haruslah dilaksanakan secara berencana dan sistimatis agar pendidikan yang diberikan lebih bermakna bagi anak didik, selain itu juga harus dijadikan tempat atau arena yang menyenangkan dan harus bisa memberikan perasaan aman, nyaman serta menarik bagi anak agar bisa mendorong munculnya keberanian serta mendorong anak untuk berekpresi, menyelidiki dan mencari pengalaman demi perkembangan kepribadian secara optimal sehingga diharapkan dapat menciptakan anak-anak Indonesia yang sehat, cerdas ceria sert aberakhlaq mulia.

Pemberian rangsangan yang sesuai dengan tahap perkembangan, minat dan kebutuhan anak merupakan prasayarat penting untuk meningkatkan potensi anak sehingga mampu mencapai perkembangan yang optimal.

Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa masih banyak penyelenggara PAUD yang belum dapat mengelola kegiatan pembelajaran dikelompoknya sesuai dengan yang diharapkan. kurangnya pengetahuan pendidik/guru tentang pengelolaan pembelajaran yang tepat serta terbatasnya kesempatan mengikuti pelatihan merupakan kendala di lapangan.

Atas dasar tersebut, Taman Pendidikan Islam Anak Usia Dini Cahaya Ilmu mengadakan program peningkatan kualitas SDM tenaga pendidik PAUD melalui kegiatan Observasi/ Studi Banding dan magang ke TPI AUD Cahaya Ilmu guna mendukung terwujudnya para pendidik PAUD yang professional di bidangnya.

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. 1. Membantu pemerintah untuk mensukseskan program PAUD dalm peningkatan mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini.
  2. Memberikan bekal ilmu kepada pendidik dan tenaga kependidkan PAUD agar mampu memberikan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan kecerdasan anak/secara holistic dengan pendekatan berbasis sentra.
  3. Meningkatkan ketrampilan pendidik agar mampu mengembangkan metode dan media belajar untuk anak usia dini secara tepat dan efisien.
  4. Mengembangkan kemandirian pendidik dalam mendidik anak usia dini
  5. Memperkecil resiko kesalahan mendidik pada anak usia dini

 

PROGRAM KEGIATAN

  1. Observasi
  2. Studi Banding
  3. Magang

 METODE

Metode yang digunakan berupa:

  1. Observasi
  2. Diskusi & Sharing
  3. Ceramah
  4. Simulasi
  5. Praktek
  6. Mikro Teaching
  7. Games

PESERTA

Peserta dalam program ini datang dari berbagai latar belakang pendidikan dan sebagian besar adalah para pendidik PAUD yang memiliki minat dan keinginan besar untuk lebih mendalami tentang Anak Usia Dini.

PERSYARATAN

Persyaratan yang harus dilengkapi untuk mengikuti program ini adalah:

  1. Mengajukan surat permohonan yang ditujukan ke TPI AUD Cahaya Ilmu
  2. Mengisi formulir yang telah disediakan.
  3. Mengumpulkan foto 3×4 sebanyak 1 lembar (khusus bagi yang menerima sertifikat)
  4. Bersedia mentaati peraturan yang berlaku di TPI AUD Cahaya Ilmu

 

 RINCIAN KEGIATAN

  1. Program Kunjungan
  2. Lama program : 1 hari

Waktu                 : Pkl. 07.00-12.00

Biaya                                   : Rp 35.000,00 / orang

Fasilitas               : a. Observasi pembelajaran

  1.                     Diskusi & Sharing
  2.       Snack
  3. Lama Program: 1 hari

Waktu                : Pkl 07.00-13.00

Biaya                  : Rp 50.000,00 / orang

Fasilitas             :  –      Observasi pembelajaran

  • Diskusi & sharing
  • Snack & Makan siang

 

  1. Studi Banding dan Pelatihan

Lama program   : 1 hari

Waktu                   : Pkl. 07.00-14.30

Biaya                      : Rp 80.000

Fasilitas                 :  – Observasi pembelajaran Diskusi & Sharing

  • Materi pelatihan
  • Konsumsi (makan siang & snack)
  1. Program Magang dan Pelatihan

Lama program   : minimal 5 hari, maximal 3 bulan

Waktu                   : Pkl. 07.00-14.00

Biaya                      : Rp. 100.000,- / hari/ orang)

Fasilitas                 : a. Observasi pembelajaran

  1. Diskusi & Sharing
  2. Training
  3. Makalah
  4. Sertifikat
  5. Konsumsi (makan siang & snack)

 

  1. PENUNJANG :
  2. Kami menyediakan produk-produk sebagai pendukung pembelajaran (biaya diluar fasilitas program), diantaranya:

Paket Penunjang Rp 150.000 antara lain berisi:

  • Buku Berpikir Kreatif dan Inspirasi Ragam Main (Rp 35.000,-)
  • CD Kreativitas Boneka kertas semen
  • 2 CD Lagu
  • contoh RKM, RKH, Handbook

 

CONTACT PERSON

Untuk memudahkan dalam menghubungi kami, dapat ke no HP berikut ini :

  • Nita : 087830748997
  • Ainin : 08997696093

 

 

TATA TERTIB PESERTA KUNJUNGAN/ STUDI BANDING/ MAGANG

TPI AUD CAHAYA ILMU

SEMARANG

  1. Peserta berbusana rapi dan sopan saat memasuki area TPI AUD Cahaya Ilmu
  2. Area sekolah merupakan area bebas rokok,peserta tidak diperkenankan merokok di dalam area PAUD.
  3. Para peserta studi banding/ magang wajib mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir, dengan melakukan presensi setiap harinya.
  4. Peserta wajib mengikuti setiap kegiatan sesuai dengan jadwal yang berlaku.
  5. Saat melakukan observasi di kelas:
    1. Peserta studi banding/magang dapat mengambil posisi yang dapat menjangkau keseluruhan kelas, namun tidak mengganggu ruang gerak anak.
    2. Tidak melakukan interaksi dengan anak dan guru selama proses pembelajaran (tidak bertanya maupun mengajak bicara)
    3. Mencatat proses observasi secara detail, apabila muncul pertanyaan disampaikan saat session sharing dan diskusi.
    4. Bagi yang membawa telepon genggam atau alat komunikasi yang lain mohon di non aktifkan (di-silent)
    5. Peserta tidak diperkenankan makan/ minum di ruang kelas selama pembelajaran
    6. Tidak merekam atau mengambil gambar selama pembelajaran berlangsung
    7. Tidak berbincang-bincang atau berdiskusi dengan sesama peserta observasi.
    8. Peserta mohon meminimalisir mobilitas sehingga tidak mengganggu pembelajaran
  6. Menjaga ketertiban dan keberlangsungan proses studi banding/magang
  7. Ikut menjaga kebersihan lembaga.
  8. Para peserta magang wajib membuat laporan observasi pembelajaran dan diserahkan panitia di hari berikutnya. (Khusus untuk magang)
  9. Administrasi magang mohon diselesaikan maksimal 1 hari sebelum magang dengan toleransi pada hari pertama magang pada bagian administrasi.