Sentra Bahan Alam

Sentra Bahan Alam

Memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman main sensorimotor menggunakan bahan-bahan alam ciptaan Allah serta memahami suatu konsep dan proses sains melalui kegiatan ragam mainnya.

Read More
Sentra Imtaq

Sentra Imtaq

Sentra imtaq merupakan sentra yang mendidik anak untuk mengembangkan kemampuan spiritual dan penekanan hubungan manusia dengan Allah. Efek yang diharapkan adalah tertanamnya akhlakul karimah. Ikhlas, sabar, dan senang menjalankan perintah agama

Read More
Sentra Balok

Sentra Balok

Menstimulasi kecerdasan logika matematika, bahasa, visual spasial, kerja sama, tolerasi dan juga pemecahan berbagai masalah sebagai karunia dari Allah melalui kegiatan membangun. Setelah anak menyelesaikan proyek bangunan, anak diberi kesempatan untuk bermain peran mikro dan bercerita tentang hasil karyanya. Penekanan sentra ini pada start and finish, di mana anak mengambil balok sesuai kebutuhan dan mengembalikan dengan mengklasifikasi berdasarkan bentuk balok. Efek yang diharapkan adalah anak dapat berfikir tipologi, mengenal ruang dan bentuk sehingga dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial secara optimal.

Read More
Sentra Olah Tubuh

Sentra Olah Tubuh

Memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman main sensorimotor serta membantu anak didik mengembangkan kemampuan motorik kasar dan koordinasi gerak tubuhnya.

Read More

Tentang Kami

111222logo-kaos-ci-2012444

Pendidikan anak usia dini memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Ada banyak pendekatan dalam pendidikan anak usia dini diantaranya TPI AUD Cahaya Ilmu menggunakan metode ”Creative Curiculum” yaitu kurikulum yang secara khusus di susun sesuai kebutuhan tumbuh kembang anak didik dan diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman.

TPI AUD Cahaya Ilmu menggunakan Pendekatan yang dikembangkan di Creative Pre-School  Florida, Amerika Serikat yang di kenal dengan metode Pendekatan SENTRA atau BCCT (Beyond Centre and Circle Time). Dalam pendekatan ini pembelajaran berpusat pada anak, anak dirangsang untuk secara aktif melakukan kegiatan bermain sambil belajar di sentra-sentra pembelajaran. Seluruh kegiatan pembelajaran berfokus pada anak sebagai subyek ”pembelajar” sedangkan guru lebih banyak berperan sebagai motivator dan fasilitator dengan memberikan pijakan-pijakan sebelum dan sesudah main (setting duduk melingkar), pijakan lingkungan dan pijakan pada setiap individu anak selama bermain. Selain itu, juga ada materi keislaman dan materi pengembangan diri yang mendukung pembentukan Akhlaqul Karimah dan bakat minat anak didik.

KENAPA harus CAHAYA ILMU ???

  1. Sekolah yang berpusat pada anak
  2. Sekolah yang membuat anak suka belajar
  3. Sekolah yang menghargai fitrah dan perbedaan
  4. Sekolah yang mengembangkan potensi kecerdasan jamak
  5. Sekolah yang menjaga kreativitas dan kejujuran
  6. Sekolah yang membentuk akhlaqul karimah anak bersama keluarga
  7. Sekolah yang memberikan ketrampilan belajar (life skills) dan kebiasaan beribadah
  8. Sekolah yang menumbuhkan kecintaan pada Qur’an
  9. Sekolah yang meningkatkan kualitas dengan penyempurnaan creative curuculum yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman (akidah, akhlak dan ibadah) sesuai Al-Quran dan As-Sunah

VISI

Terwujudnya Pribadi Unggul Yang Sehat,Cerdas,Kreatif Dan Berakhlaqul Karimah Sesuai Dengan Alquran Dan Sunnah.

MISI

  1. Ikut Menjaga Dalam Pembiasaan Pola Hidup Sehat.
  2. Membantu Menjaga Pembiasaan Positif Perilaku Anak.
  3. Menuntun Anak Menjadi Pribadi Yang Kreatif.
  4. Mengoptimalkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak.
  5. Bersama Keluarga Membangun Pribadi Anak Yang Berakhlaqul Karimah.
  6. Membekali Anak untuk Cinta Kepada Negara Dan Sesama

textMenstimulasi kecerdasan logika matematika, bahasa, visual spasial, kerja sama, tolerasi dan juga pemecahan berbagai masalah sebagai karunia dari Allah melalui kegiatan membangun. Setelah anak menyelesaikan proyek bangunan, anak diberi kesempatan untuk bermain peran mikro dan bercerita tentang hasil karyanya. Penekanan sentra ini pada start and finish, di mana anak mengambil balok sesuai keimg_1368butuhan dan mengembalikan dengan mengklasifikasi berdasarkan bentuk balok. Efek yang diharapkan adalah anak dapat berfikir tipologi, mengenal ruang dan bentuk sehingga dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial secara optimal

text1Menstimulasi tahap awal menulis, membaca, dan berhitung permulaan sebagai bekal dari Allah, sehingga anak dapat mengenal dan memahami konsep huruf, angka dan logika matematika.

p1050934

text2Memfasilitasi anak untuk dapat mengembangkan kemampuan bahasa, kognitif, sosial, dan emosi anak, dengan memberikan banyak kesempatan untuk memainkan peran menjadi tokoh-tokoh. Anak juga terstimulasi untuk dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman dan lingkungan sekitar sebagai anugerah dari Allah. Main peranperan makro dengan menggunakan alat-alat berukuran sesungguhnya dengan memberikan cukup waktu, ruang, alat, dan bahan main.

text3Memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman main sensorimotor menggunakan bahan-bahan alam ciptaan Allah serta memahami suatu konsep dan proses sains melalui kegiatan ragam mainnya.

p105059

4Memfasilitasi anak untuk menuangkan kreativitas dan ide karunia dari Allah dalam bentuk hasil karya 3 dimensi dengan menggunakan berbagai macam bahan untuk berkreasi. Dalam sentra ini biasanya kegiatannya berbentuk proyek dengan tahapan concept, create dan presentation.

img_1383

text6Memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman main sensorimotor serta membantu anak didik mengembangkan  kemampuan motorik kasar dan koordinasi gerak tubuhnya.

olah-tubuh

text7Sentra imtaq merupakan sentra yang mendidik anak untuk mengembangkan kemampuan spiritual dan penekanan hubungan manusia dengan Allah. Efek yang diharapkan adalah tertanamnya akhlakul karimah. Ikhlas, sabar, dan senang menjalankan perintah agama

IMG_1401 satu